Home » , » Perencanaan Awal Memulai Bisnis Sendiri

Perencanaan Awal Memulai Bisnis Sendiri

Written By ANdir on Kamis, 07 November 2013 | 07.56

planning bisnis

Awal memulai usaha membutuhkan banyak persiapan dan perlengkapan. Perencanaan alur bisnis yang akan kita jalankan juga harus jelas. Maka dari itu jasa promosi akan memaparkan sedikit tentang bagaimana perencanaan awal bisnis. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:


  • ANALISIS KEBUTUHAN MARKET >> Langkah awal untuk membangunbisnis adalah kita harus tahu dulu yang menjadi kebutuhan konsumen saat ini. Nah dengan kebutuhan ini maka akan menjadi masukan ide bisnis kita.
  • TENTUKAN IDE >> Buat list ide bisnis yang potensial. Cari sumber sebanyak mungkin dengan referensi yang berbeda (buku, majalah, internet, seminar, teman dan lain-lain). Dari ide tersebut pilih 1-2 ide yang menurut anda paling potensial.
  • TARGET KONSUMEN >> Kita harus menentukan target pasar. Analisis ini berdasarkan umur, gender, pekerjaan, tempat dan lain-lain. Jangan sampai salah sasaran untuk bisnis yang akan dimulai karena akan berdampak fatal untuk kelangsungan bisnis selanjutnya.
  • ANALISIS PESAING >> Tidak mungkin usaha yang kita mulai hanya ada satu, pasti akan ada saingan. Untuk itu perlu analisis saingan kita. Apa yang dibutuhkan? Simple saja. Cari tahu apa yang mereka lakukan dalam semua hal yang berhubungan dengan bisnis. Pelajari strategi bisnis mereka untuk menjadi masukan kita.
  • PRODUK >> Tahap ini memberi gambaran bagaimana konsep produk / jasa yang akan ditawarkan pada calon konsumen. Jangan pernah mengejar kuantitas tanpa memperhatikan kualitas.  Buat produk / jasa mempunyai kelebihan daripada produk yang lain.
  • HARGA >> Disini penentuan harga produk / jasa perlu diperhatikan. Cara menentukan harga: hitung antara pemasukan dan pengeluaran sehingga terjadi untung. Cek juga harga yang ada di pesaing kita
  • PROMOSI >> Tentukan cara promosi produk. Missal Via brosur, pameran, bazzar, media online (social media, website). Promosi membutuhkan langkah yang konsisten agar membuahkan hasil. Kreatifitas dalam pemasaran sangat dibutuhkan untuk memicu minat konsumen pada produk kita.
  • DISTRIBUSI >> Penyebaran produk tentunya butuh cara khusus, seperti adanya agen, reseller, ataupun distributor besar, ini akan sangat memudahkan untuk kita menjual produk.
  • TIMELINE DAN MONITORING >> Tentukan kapan bisnis akan dimulai. Buatlah plan action serta lakukan monitoring persiapan sehingga berjalan sesuai rencana. Jangan hanya mempunyai banyak plan tetapi malah tidak terlaksana. Mending buat plan yang jelas dan lakukan action segera

Oke, sekarang keberanian membuka usaha sangat diperlukan untuk memulai plan bisnis diatas. Lakukan dan bersabar jika ada kesulitan.

Good Luck
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : SEO Blog | Software Toko | Jersey Bola
Copyright © 2013. Jasa Promosi Usaha - Jasa SEO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger